Monday, February 22, 2016

Jenis-Jenis Layar Smartphone Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Jenis-Jenis Layar Smartphone Serta Kelebihan dan Kekurangannya - Dijaman yang semakin maju ini membuat teknologi layar touchscreen yang ada di smartphone semakin modern. Perkembangan ini juga seiring dengan pertumbuhan pengguna smartphone yang semakin meningkat. Akan tetapi banyak para pengguna smartphone kurang begitu tau tentang layar di smartphone nya
Jenis-Jenis Layar Smartphone

Berawal dari tahun 2011 yang saat itu merupakan kebanyakan produsen menggunakan smartphone yang layar nya bertipe AMOLED sampai sekarang muncul berbagai tipe layar seperti IPS, TFT, LCD, S-LCD, OLED, dan AMOLED. Agar pengguna smartphone lebih paham, maka saya akan menjelaskannya satu per satu jenis layar-layar di smartphone.

1. OLED (Organic Light-Emitting Diode)

Layar OLED. OLED Screen

Layar OLED terbuat dari carbon dan menghasilkan cahaya jika dialiri dengan arus listrik. OLED memerlukan backlight dan filter seperti yang terdapat di LCD. Namun komponen OLED lebih tipis dan ringan jika dibandingkan dengan tipe layar lainnya

- Kelebihan     : Konsumsi daya listrik lebih rendah, ringan, dan lebih tipis
- Kekurangan : Hasil warna kurang tajam dan cenderung kekuningan

2. AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode)

Layar AMOLED. AMOLED Screen

Layar bertipe AMOLED merupakan pengembangan dari tipe OLED dan sudah hadir sejak tipe layar lain belum ada. Layar AMOLED dapat menghasilkan kejelasan meskipun berada di bawah sinar matahari. Namun AMOLED kurang bisa menghasilkan ketajaman pada gambar.

- Kelebihan     : Masih tetap telihat jelas walaupun di bawah sinar matahari, konsumsi daya yang rendah
- Kekurangan : Kedalaman gambar kurang dan warna cenderung kekuningan

3. TFT (Thin Film Transistor)

Layar TFT. TFT Screen

TFT merupakan jenis layar yang menggunakan teknologi Active Matrix Color Display, maksudnya adalah TFT menempatkan transistor di setiap pixel layar yang mampu di nyalakan dan di matikan setiap individu. Layar ini merupakan teknologi terbaru yang telah dibekali dengan teknologi LCD terbaru juga hingga diklaim dapat menghasilkan ketajaman warna yang lebih baik.

- Kelebihan     : Ketajaman warna yang lebih terang lebih baik dari layar bertipe AMOLED
- Kekurangan : Membutuhkan konsumsi daya yang besar dan harga komponen yang cukup mahal

4. IPS (In Plane Switching)

Layar IPS. IPS Screen

Layar IPS merupakan generasi penerus dari TFT, layar ini terdiri dari lapisan-lapisan yang ditumpuk menjadi satu. Layar IPS memberikan viewing angel yang lebih luas meskipun smartphone dilihat dari samping dan membentuk sudut, layar IPS masih terlihat dengan jelas. Selain itu teknologi IPS juga menghasilkan warna yang lebih baik.

- Kelebihan    : Sudut jangkauan terlihat lebuh luas dan dapat menghasilkan ketajaman warna yang lebih tajam
- Kekurangan : Konsumsi daya yang cukup besar, pixel juga rawan terhadap benturan karena bisa menghasilkan dead pixel

5. S-LCD (Super LCD)


Layar S-LCD. S-LCD Screen

Layar S-LCD merupakan penerus dari LCD. Layar jenis ini diklaim bahwa dapat menghasilkan akurasi dan kecerahan gambar dan teks lebih baik.

- Kelebihan     : Akurasi dan kecerahan gambar lebih baik dari layar lainnya
- Kekurangan : Kurang jelas dalam keadaan di bawah sinar matahari langsung

1 comment: