Wednesday, April 13, 2016

Tutorial Update Sony Xperia Z2 D6503 Ke Android Marshmallow 6.0.1 (23.5.A.0.570)


Seperti janji saya kemarin, pada artikel Sony Xperia Z3, Z3 Compact dan Z3 Resmi Mendapatkan Android Marshmallow 6.0.1 (23.5.A.0.570) saya akan membuatkan sebuah artikel untuk anda yang ingin mengupdate smartphone Sony Xperia Z2 kesayangan anda ke Android Marshmallow 6.0.1 terbaru yang sangat trend untuk saat ini.



Untuk masalah update operasi sistem Android ke Marshmallow sebenarnya ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu :

1. Online. Cara ini adalah cara yang paling simple. Anda hanya perlu ke Setting -> About Phone -> Update Software atau mengupdate nya melalui Sony PC Companion. Tetapi ada beberapa user Sony Xperia Z2 yang tidak mendapatkan update ke Android Marshmallow, saya juga tidak tau apa alasannya. Tetapi untuk anda yang sudah melakukan rooting kepada Sony Xperia Z2, cara online sangat tidak dianjurkan karena tidak bisa menginstall firmware nya.

2. Offline. Cara ini bisa dibilang sedikit rumit daripada Online, tetapi jika anda belajar pasti akan terasa sangat mudah. Untuk anda yang belum mendapatkan update Android Marshmallow atau sudah melakukan rooting, jangan berkecil hati karena anda masih bisa mencicipi Android Marshmallow.

Kita disini akan membicarakan update Android Marshmallow di Sony Xperia Z2 D6503 dengan cara Offline. Berikut adalah tutorialnya

Saya TIDAK Bertanggung Jawab Jika Smartphone Anda Mengalami Hardbrick atau Semacamnya. Ikutilah tutorial ini dengan benar agar tidak terjadi masalah pada smartphone anda dan ingat DWYOR!

Oke, anda sudah membaca pesan saya diatas, jadi saya tidak bertanggung jawab atas kerusakan pada smartphone anda. Jika anda mengikuti tutorial ini dengan baik dan benar, saya JAMIN tidak ada masalah karena saya sudah mencobanya.

A. Android Marshmallow Non-root

Untuk Android Marshmallow Non-root, cocok untuk anda yang tidak menginginkan smartphone anda dalam keadaan ter-root. Firmware ini masih sangat baru, jadi belum di mod atau sebagainya.

Bahan-bahan :

1. Firmware Android Marshmallow 6.0.1 (23.5.A.0.570)
2. Flashtool
3. Driver

Tutorial :

1. Install Flashtool.exe di PC anda.
2. Install Driver seperti biasa.
3. Copy D6503_23.4.A.1.264_DE.ftf ke C\Users\Nama user\.flashTool\firmwares\
4. Buka Flashtool dan kemudian klik icon petir dan pilih flashmode (lihat di gambar)


5. Pilih D6503_23.4.A.1.264_DE.ftf dan klik flash. Tunggu sampai keluar popup dan matikan Xperia Z2 anda. Sebelum menyolokkan USB, tahan Volume - dan colok USB sambil menahan Volume - maka Xperia Z2 akan restart yang tanda nya sedang melakukan flashing.



6. Jika proses flashing selesai, hidupkan Xperia Z2 anda seperti biasa (saat pertama kali booting akan memakan waktu yang agak lama).

Selamat Sony Xperia Z2 anda sudah menggunakan Android Marshmallow 6.0.1 :D

B. Android Marshmallow Pre-root

Untuk Android Marshmallow Pre-root, cocok untuk anda yang ingin menginstall mod karena sudah rooted. Cara ini tidak menggunakan Flashtool lagi, karena kita akan menginstall nya lewat recovery.

Syarat-syarat :

1. Sony Xperia Z2 anda sudah dalam keadaan rooted, terinstall Busybox dan sudah menginstall recovery
2. USB Debugging dan Unknown Sources sudah dicentang
3. Mengerti bagaimana cara ke recovery, wipe, dll


Bahan-bahan :

1. Marshmallow.zip
2. Bootloop FIX.zip
3. Jika anda menginstall Xposed Framework, uninstall terlebih dahulu atau jika anda tidak bisa, anda bisa ke  thread xda

Tutorial :

1. Extract Marshmallow.zip sampai mendapatkan file ini : flashable.zip, byeselinux_flashable.zip, RICDefeat.zip, Z2_MM_TWRP


2. Copy semua file yang anda extract ke Micro SD anda termasuk Bootloop FIX.zip. Untuk Z2_MM_TWRP jangan di copy biarkan saja di PC anda.
3. Pergi ke recovery dan lakukan Factory Reset. Sesudah itu install file ini secara BERURUTAN :
xposed-uninstaller-********-arm.zip (Jika anda menginstall Xposed Framework) flashable.zip -> byeselinux_flashable.zip -> RICDefeat.zip -> BOOTLOOP FIX.zip
4. Jika anda sudah selesai menginstall file diatas secara berurutan, selanjutnya adalah Wipe Cache dan Dalvik dan Reboot
5. Saat anda sudah berada di Home Screen, install Busybox dan colokkan USB ke Xperia Z2 anda (USB Debugging di centang) dan jalankan install.bat dari folder Z2_MM_Recovery 



6. Xperia Z2 anda akan reboot secara otomatis dan anda sudah berhasil menginstall recovery.

Selamat Sony Xperia Z2 anda sudah menggunakan Android Marshmallow dan sudah rooted + install recovery. Bagaimana? Sangat mudah bukan. Jika anda hanya melihat saja pasti akan terasa sangat sulit, tetapi jika anda sudah mencoba nya pasti akan terasa sangat mudah.
Jika ada tahap yang belum anda paham, jangan malu untuk bertanya. Karena jika anda malu bisa-bisa terjadi hal yang tidak kita inginkan. 

Good Luck and DWYOR! 

15 comments:

  1. Kalau sudah update marshmellow dan mau root aja gimana gan...

    ReplyDelete
  2. Apakah xperia z2 keluaran jepang bisa di instal os marshmallow diatas mas?apakah sama saja z2 keluaran jepang dan z2 keluaran indonesia?

    ReplyDelete
  3. Kok aku gk update marshmallow yaa

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Lewat fc gan download frimware marshmellow nya

      Delete
  5. Kok punya saya ngak ada pemberitahuan upgrade,masak dibilang sudah versi yang terbaru padalhan masih versi kit kat..mohon bantuan dan infonya dong..

    ReplyDelete
  6. Sony z2 docomo bisa gk gan?

    ReplyDelete
  7. Experia z2 docomo...bisa ta?
    Still waiting......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bos, ane uda nyoba. Kl dari rom komodo jangan centang wipe partition biar internalnya tetep 32gb
      Semoga membantu

      Delete
    2. Cara yang rooted berarti ye?

      Delete
  8. Sy pakai z2 docomo sudah update ke marshmellow. Hati2 bagi yg awam update via ota soalx jaringan akan hilang dan imei null. Cara atasi imei null dan jaringan hilsng silahkan fix jaringanx lewat FC atau lewat TWRP

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara proses upgrade yg docomo sama aja kah bos??

      Delete
    2. apakah docomo pakai cara yg diatas setelah upgrade sinyal gk hilang?

      Delete
  9. bisa untuk smartphone tipe lainnya tidak ini min ??
    timah pasta

    ReplyDelete
  10. Ini kalau sudah di flash apakah aplikasi2 nya harus instal lagi?

    ReplyDelete