Sunday, February 21, 2016

16 Tips Menghemat Baterai Smartphone Anda Part 1

Tips Menghemat Baterai Smartphone - Semakin lama anda menggunakan smartphone pasti akan terasa bahwa smartphone anda semakin boros. Namun, ada beberapa smartphone yang memiliki kapasitas baterai yang besar, tetapi tetap saja terasa boros.





Tips Menghemat Baterai Smartphone



Nah, ketahanan baterai sangat tergantung pada bagaimana cara kita menggunakan smartphone tersebut. Kali ini saya akan memberikan tips untuk membuat baterai sedikit lebih hemat dari sebelumnya.

1. Tutup Aplikasi Jika Sudah Digunakan Dengan Tombol Back

Back Button

Kebiasaan kita jika ingin menutup aplikasi dengan menekan tombol Home. Sebenarnya jika kita menekan tombol Home maka aplikasi tersebut buka ditutup, melainkan di-minimize. Hal ini yang membuat baterai menjadi boros, karena aplikasi tersebut akan selalu berjalan di background. Jika perlu, uninstall lah aplikasi yang menurut anda tidak perlu.

2. Nonaktifkan Auto Sync 

Nonaktifkan Auto-Sycn

Bila push e-mail tidak diperlukan, maka nonaktifkanlah Auto Sync ini. Karena jika anda menghidupkan nya terus menerus, maka baterai di smartphone anda akan menjadi sangat boros. Untuk mematikannya pergi ke Setting, maka pilihan Auto Sync akan tersedia disana.


3. Nonaktifkan Bluetooth Jika Tidak Digunakan
Nonaktifkan Bluetooth

Jika anda menghidupkan Bluetooth, maka smartphone anda akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal Bluetooth yang lain. Untuk menghemat baterai di smartphone, nonaktifkanlah Bluetooth di smartphone anda jika tidak digunakan.

-> Baca juga : 16 Tips Menghemat Baterai Smartphone Anda Part 2 <-

4. Nonaktifkan WiFi Jika Tidak Digunakan



Nonaktifkan Wifi

Menghidupkan WiFi hanya akan menguras baterai smartphone anda, karena smartphone akan selalu mencari jaringan WiFi dan berusaha untuk selalu tetap terhubung dengan WiFi. Untuk menghemat baterai di smartphone, nonaktifkanlah WiFi di smartphone anda jika tidak digunakan.

5. Kurangi Kecerahan Pada Layar

Image result for setting brightness iphone



Biasakanlah menggunkan kecerahan seredup mungkin pada layar untuk menghemat baterai. Semakin terang kecerahan layar nya maka semakin boros baterai di smartphone anda. Namun saya ingatkan kepada anda jangan terlalu redup atau terlalu terang karena bisa merusak kesehatan mata anda. Untuk mengatur kecerahan layar anda bisa cari di Setting -> Display -> Brightness kemudian atur sesuai kebutuhan anda. Atau jika anda sering keluar masuk ruangan, anda bisa menghidupkan fitur Auto-Brightness.

6. Gunakanlah GPS Seperlunya

Gunakan GPS Seperlunya

Gunakan Global Positioning System atau yang biasa kita kenal dengan sebutan GPS dengan seperlunya saja. Karena fitur ini banyak menguras baterai, hal ini terjadi karena smartphone akan terkoneksi ke satelit setiap saat. Oleh karena itu, akan lebih baik jika fitur ini dinonaktifkan saja jika tidak digunakan.


7. Nonaktifkan Update Otomatis

Nonaktifkan Auto Update

Matikan update otomatis apliakasi-aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet. Karena aplikasi tersebut akan selalu terhubung ke internet untuk mendapatkan update terbaru dan membutuhkan sinyal internet yang stabil. Maka hal inilah yang membuat smartphone memerlukan tenaga tambahan.


8. Pilih Screen Timeout Yang Paling Cepat

Pilih Screen Timeout Yang Paling Cepat


Layar smartphone akan menyala sesuai dengan waktu yang anda pilih. Jika terus menerus layar hidup maka akan membuat energi baterai akan terkuras dengan cepat. Maka pilihlah waktu yang paling cepat yaitu 15 detik. Jika menurut anda 15 detik itu terlalu cepat, anda bisa pilih 30 detik, dan seterusnya.

Oke cukup sampai disini dulu tips menghemat baterai nya. Anda bisa membaca part 2 nya disini

1 comment: