Wednesday, February 24, 2016

Tips Dalam Memilih Smartphone Yang Akan Dibeli

Tips Dalam Memilih Smartphone Yang Akan Dibeli - Pembelian smartphone bukanlah hal yang sepele di jaman yang modern seperti sekarang ini. Anda harus pintar untuk memilih smartphone yang akan anda beli. Dari pada anda membeli smartphone mahal tetapi spek yang tidak memuaskan, karena penyesalan berada belakangan.


Bagi anda yang tidak pandai dalam memilih smartphone, mari baca tips dibawah ini. Karena jika anda melewati tips-tips ini, maka rasanya sayang sekali untuk dilewatkan. Dan satu lagi pesan saya, jangan tergiur oleh desain dan kepopuleran smartphone tersebut. Mungkin kali ini, ada beberapa orang yang sedang mencari-cari smartphone tapi masih bingung, kalian bisa simak tips-tips berikut ini

Berikut adalah tips yang perlu anda perhatikan sebelum membeli smartphone.

1. Ukuran Layar Yang Pas




Mengapa ukuran layar harus pas? Ini sangat penting, karena jika anda memilih smartphone tidak sesuai dengan ukuran tangan anda bisa fatal akibat nya. Contohnya, tidak sengaja terjatuh karena smartphone terlalu besar, padahal kan baru membeli smartphone. Haduh kasian deh.... :D

Maka dari itu, jika anda ingin membeli smartphone, carilah smartphone yang pas dengan tangan anda. Tapi jangan terlalu kecil dan terlalu besar, yang penting pas dengan ukuran tangan anda. Mungkin sekitar 4-5 inci menurut saya yang pas.

Tetapi jika anda suka bermain game, carilah smartphone yang layar nya besar atau biasanya disebut Tablet. Biasanya ukuran layar nya diatas 6 inci. Tapi ingat, jangan mencari layar yang besar tetapi spek yang kecil, karena sama saja rugi :D

2. Prosesor Yang Cepat



Prosesor adalah otak dari smartphone, jadi cermatilah prosesor yang dipakai pada smartphone yang sebelum anda beli. Karena prosesor yang semakin cepat dapat menghasilkan multitasking yang sangat memuaskan.

Untuk anda yang suka bermain game, sudah saya sarankan sebelumnya bahwa cari layar yang lebar agar semakin puas saat bermain game dan cari prosesor yang cepat. Mungkin rekomendasi saya adalah minimal Quad-core dan maksimal adalah Octa-core. Tapi ingat, bukan hanya peran prosesor yang membuat smartphone menjadi cepat, tetapi membutuhkan peran RAM.


3. RAM



Random Access Memory atau yang biasa kita sebut RAM merupakan komponen yang terpenting di smartphone. Semakin besar RAM yang digunakan di smartphone anda, maka anda akan juga merasakan performa yang semakin maximal. Contohnya saja saat anda browsingan sambil membuka aplikasi sosial media pasti akan terasa smooth.

Tapi ingat tidak semua RAM yang besar dapat mempengaruhi kecepatan smartphone anda. Yah mungkin saya sarankan RAM yang paling minimal untuk saat ini adalah 1 GB. Tapi kalau anda memilih smartphone yang menggunakan RAM 3 GB itu lebih baik.

4. GPU Yang Berkualitas

http://smeaker.com/wp-content/uploads/2014/12/Jenis-Jenis-GPU-Pada-Smartphone-Android.jpg


GPU adalah Graphics Processing Unit, jadi tugas GPU adalah memproses gambar atau grafik. Semakin bagus GPU yang sigunakan pada smartphone, maka gambar atau grafik yang dihasilkan semakin bagus pula. Jenis-jenis GPU di smartphone antara lain Andreno, PowerVR, Mali. Tapi jika anda pencinta game, anda bisa memilih smartphone yang menggunakan GPU Adreno.

5. Penyimpanan Yang Besar


Apakah anda suka berfoto-foto? Atau suka bermain game? Jika iya, maka anda pasti memerlukan penyimpanan yang besar. Semakin besar penyimpanan anda, maka semakin banyak file penting yang bisa anda simpan si smartphone. Carilah smartphone yang menggunakan memori internal dan juga external. Karena jika di memori external anda sudah habis, maka anda bisa menyimpan data-data di memori internal, atau sebaliknya.

Bagaimana? Apakah anda sudah paham sekarang dengan tips yang saya berikan dalam memilih smartphone? Jadi, jangan asal beli smartphone ya... Be Smart Buyer :D

1 comment: