Saturday, February 27, 2016

Sony Rilis 3 Smartphone Xperia X Series

Sony Rilis 3 Smartphone Xperia X Series - Sony secara resmi memperkenalkan smartphone seri baru dengan nama X Series beberapa waktu lalu di ajang WMC (Mobile World Congress) 2016 di Barcelona, Spanyol. Sony telah merilis 3 smartphone X Series, yaitu Xperia XA (entry-level), X (mid-range), dan Xperia X Performance (high-end).



Smartphone tersebut memiliki layar 5", perbedaan ketiga smartphone tersebut adalah dari segi spesifikasi. Tetapi tampaknya X Series tidak menjadi smartphone flagship Sony seperti layaknya Z Series. Mari kita ulas smartphone tersebut satu per satu.

Sony Xperia XA



Pertama, terdapat Sony Xperia X yaitu smartphone yang termasuk kelas "entery-level'. Kinerja smartphone ini dilengkapi dengan spesifikasi MediaTek Helio P10 (MT6755) octa-core 2.0 GHz, GPU Mali (T860). Smartphone ini juga berjalan dengan menggunakan operasi sistem Android Marshmallow 6.0.dengan layar 5 inci beresolusi HD 1280x720. Body smartphone Sony Xperia XA berbahan aluminium frame dengan plastik inlays, inilah yang membuat smartphone ini lebih stylish di banding Xperia X Series lainnya.

Tetapi Sony Xperia XA memiliki spesifikasi yang lebih "lemah" jika dibandingkan dengan saudara-saudara nya. Smartphone ini hanya menggunakan RAM sebesar 2 GB dan memori Internal sebesar 16 GB dan dilengkapi dengan slot Micro SD hingga 200 GB. Sony mengisi Xperia XA dengan kamera utama sebesar 13 MP dan kamera depan sebesar 8 MP. Tetapi Xperia XA belum support teknologi hybrid autofocus yang digunakan di keluarga X Series lainnya. Xperia XA menggunakan baterai sebesar 2300 mAh. Perlu diingat bahwa Sony Xperia XA belum support fitur Fingerprint Sensor.

Sony Xperia X



Selanjutnya, terdapat Sony Xperia X yaitu smartphone yang termasuk kelas "mid-range". Untuk body nya,  Xperia X menggunakan bahan aluminium yang membuat smartphone ini sangat ramping.  Sony Xperia X dilengkapi dengan spesifikasi Qualcomm Snapdragon 650 GPU Adreno dan sudah menggunakan RAM sebesar 3 GB LPDDR3 dan memori Internal sebesar 32 GB dan dilengkapi dengan slot Micro SD hingga 200 GB. Smartphone ini memiliki layar 5 inci Full-HD 1920x1080. Layar Xperia X sedikit melengkung, hal ini yang membuat Xperia X berbeda dari X Series lainnya, dan Xperia X sudah support Fingerprint Sensor di tombol power nya.

Sony melengkapi Xperia X dengan kamera utama 23 MP Xmor RS dengan dilengkapi fitur Sony hybrid autofocus technology, yang membuat gambar lebih jernih dan lebih cepat menangkap fokus suatu gambar dan kamera depan 13 MP. Smartphone ini cocok untuk menangkap gambar saat di malam hari atau di tempat yang kurang cahaya (low-light) dengan ISO sampai 12800, dan dapat merekam dengan resolusi 1080p. Xperia X menggunakan baterai sebesar 2620 mAh. Perlu diingat bahwa Xperia X tidak waterproof. Artinya anda tidak bisa membawa nya ke dalam air

Sony Xperia X Performance



Dan diakhir terdapat Sony Xperia X Performance yaitu smartphone yang termasuk kelas 'high-end". Smartphone ini adalah yang paling kuat dengan X Series lainnya. Xperia X Performance dilengkapi dengan spesifikasi Qualcomm Snapdragon 820 GPU Adreno 530 dan sudah menggunakan RAM sebesar 3 GB dan memori Internal sebesar 32 GB dan dilengkapi dengan slot Micro SD hingga 200 GB. Sama seperti Xperia X, Xperia X Performance memiliki layar 5 inci Full-HD. Xperia X Performance dilengkapi kamera utama sebesar 23 MP dan kamera depan 13 MP. Kamera utama dilengkapi dengan fitur Sony hybrid autofocus technology, yang membuat gambar lebih jernih dan lebih cepat menangkap fokus suatu gambar.

Hal yang membuat Xperia X Performance berbeda dari X Series lainnya adalah Xperia X Performance waterproof dengan sertifikasi IP68. Anda bisa menggunakan Xperia X Performance di dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Perlu diingat bahwa semua X Series support fast charging dan baterai managemen yang sangat baik, X Series dapat dipakai hingga 2 hari tanpa charging*. Sementara itu semua X Series juga sudah menggunakan operasi sistem terbaru yaitu Android Marshmallow 6.0

1 comment: